Remember me
Tuesday, 11 September 2012 01:01

Waspadai Penyakit Dari Gigi dan Mulut

Waspadai Penyakit Dari Gigi dan Mulut

 

Dari sakit kepala hingga stroke. Jadi jaga selalu kebersihan mulut dan gigi.

 

Mulut adalah gerbang utama masuknya segala penyakit. Keadaan rongga mulut yang tidak sehat dapat menyebabkan kelainan pada organ lain. Penyakit-penyakit yang timbul akibat gigi dan mulut yang rusak disebut focal infection dental origin atau focal infection (FI) . Infeksi masuk lewat gigi dan mulut dan kemudian menjalar ke organ-organ lain. Misalnya saja terkena stroke ringan dan kanker otak setelah giginya terinfeksi berat.

 

Sebagai gambaran, FI terjadi ketika mikroorganisme yang berasal dari gigi dan mulut menyebabkan infeksi atau penyakit di bagian tubuh yang lain. Infeksi di akar gigi maupun di jaringan penyangga gigi melibatkan lebih dari 350 bakteri dan mikroorganisma. Karena letak infeksinya sangat dekat dengan pembuluh darah, produk bakteri berupa toksin dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Ditengarai, ada lebih dari 6 milyar mikroba tinggal dan hidup di dalam mulut, yang berasal lebih dari 500 strain yang berbeda. Yang terbanyak adalah Candida albicansPorphyromonas gingivalisStreptococus mutans, Actinobacillus actinomy-cetemcomitansTreponema denticola , dan streptococcus sanguis . Jadi dapat disimpulkan bahwa gigi dan mulut sebetulnya merupakan tempat yang sangat jorok.

Bakteri-bakteri tersebut sebenarnya tak akan "bermasalah" jika jumlahnya seimbang dan hidup harmonis. Tapi, begitu muncul gangguan seperti karies (gigi berlubang), penyakit penyangga gigi (periodontal), atau ada infeksi, maka kondisi ini bisa menyebabkan gangguan ke-sehatan yang lebih serius.

Contohnya, karies (gigi berlubang). Kalau kariesnya masih kecil dan belum begitu dalam, mungkin tidak akan mengganggu. Namun, begitu karies membesar dan makin dalam, bisa terjadi infeksi. Nah, infeksi inilah yang bisa memicu penyakit.

BEBERAPA PENYAKIT

Karena sebagian besar orang masih belum memerhatikan kesehatan gigi dan mulut, banyak yang tak pernah mengira bahwa penyakit lain yang mereka derita sebenarnya merasal dari kesehatan gigi dan mulut.

1. Jantung dan Stroke

Salah satu teori yang mengungkapkan hubungan FI dengan penyakit jantung menyatakan, bakteri dari mulut (oral bacteria) ketika masuk ke dalam pembuluh darah akan menempel pada timbunan lemak di pembuluh arteri jantung dan akan menimbulkan bekuan.

Ciri penyakit jantung koroner adalah menebalnya pembuluh darah koroner jantung yang disebabkan timbunan lemak. Hal ini akan menghambat aliran darah ke jantung, sehingga nutirsi dan oksigen yang dibu-tuhkan jantung menjadi terhambat, dan menyebabkan terjadinya serangan jantung.

2. Penyakit saluran pernapasan

Infeksi di mulut dapat menye-babkan penyakit saluran pernapasan bila bakteri terisap masuk ke saluran pernapasan. Bahkan, bakteri dapat berkembang biak dan menyebar sampai ke paru-paru.

3. Bayi prematur atau bayi kurang berat

Ibu hamil dengan penyakit periodontal berisiko 7 kali lebih besar melahirkan bayi yang lahir lebih awal atau bayi kecil. Penyakit periodontal akan meningkatkan derajat cairan biologis yang merangsang kelahiran.

4. Nyeri mata

Mata jadi cepat lelah dan terasa nyeri pada bagian atas mata. Nyeri itu biasanya ditim-bulkan oleh infeksi pada gigi karena kedua organ tersebut memiliki induk syaraf yang sama.

5. Sakit kepala

Biasanya diderita oleh orang yang sudah lama mengunyah dengan satu sisi akibat hilangnya satu gigi atau terasa sakit pada satu sisi yang tidak ditangani. Keluhan sakit kepala ini umumnya terasa di kepala bagian belakang.

6. Gusi berdarah

Diakibatkan oleh karang gigi yang ada di supragingiva (permukaan gigi di atas gusi) dan di subgingiva (permukaan gigi di bawah gusi). Biasanya karang gigi timbul pada daerah gigi yang sulit dibersihkan. Karang gigi yang disebut juga calculus merupakan kumpulan plak termineralisasi (pembentukan mineral seperti batu karang) sehingga melekat di permukaan gigi. Karang gigi yang menjadi tempat menempelnya kuman di dalam mulut ini bisa mengakibat-kan radang gusi yang bisa menyebabkan perdarahan pada mulut.

7. Sariawan

Merupakan bahasa awam untuk berbagai macam lesi atau tonjolan yang timbul di rongga mulut. Gejalanya berupa rasa sakit atau rasa terbakar satu sampai dua hari yang kemudian menimbulkan luka rongga di mulut. Seringkali sariawan begitu menyiksa sehingga seseorang menjadi sulit makan maupun minum.

8. Kanker mulut

Penyakit ini sama dengan kanker yang terjadi pada bagian tubuh lain, hanya saja letaknya di mulut. Bentuknya hampir menyerupai sariawan. Selain itu, bila sariawan letaknya berpindah-pindah, sedangkan kanker mulut bersifat statis. Hanya saja kalau benjolan pada sariawan terasa sakit, pada kanker mulut tidak. Semakin lama benjolan semakin besar tanpa merasakan apapun. Umumnya, setelah benjolan menjadi besar, kanker sudah masuk pada stadium 3 dan 4. Biasanya mereka baru memeriksakan setelah bertahun-tahun karena benjolan semakin besar dan tak kunjung sembuh.

9. Penyakit rendah diri dan pergaulan

Kebersihan dan kesehatan gigi serta rongga mulut yang terganggu juga memengaruhi pergaulan seseorang. Seseorang pasti pasti merasa malu jika mulutnya mengeluarkan aroma tidak sedap atau warna gigi yang kuning kusam. Seringkali sakit gigi dan mulut juga membuat yang bersangkutan tidak pede bergaul.

author : Santi Hartono , dikutip dari Tabloid NOVA

 

Read 2058 times Last modified on Friday, 17 July 2015 21:47

Kabar GGC

Dapatkan info terkini dalam kedokteran gigi, termasuk jadwal seminar

captcha 

Group Kedokteran Gigi

View all groups

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
   This seal is issued to gigigeligi.com by StopTheHacker Inc.
 
Our Partner
Dentsoftware, India | +91 77 367 67 367