Remember me
Tuesday, 11 September 2012 00:59

Gigi Berlubang Masalah Utama

 

Gigi Berlubang Masalah Utama

 

GIGI berlubang (karies) dan karang gigi merupakan permasalahan utama dalam kesehatan mulut masyarakat di sejumlah kota.

 

"Berdasarkan rekam medik yang ada, perawatan yang diberikan sebagian besar adalah berupa penambalan dan pencabutan, yang berarti adalah akibat dari karies gigi, sedangkan perawatan terbanyak ketiga adalah scaling yang berarti berkaitan dengan kebersihan mulut," kata Marketing Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk Hernie Raharja di Jakarta, Rabu (21/7).

 

Hernie mengatakan, rekam medis pada kegiatan pemeriksaan gigi pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2010 di Yogyakarta menunjukkan karies gigi (gigi berlubang) dan kebersihan mulut yang kurang (terdapatnya karang gigi) merupakan masalah utama.

Pepsodent bersama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) kembali mengadakan Pemeriksaan Gigi Gratis dalam rangka BKGN 2010 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta.

Pemeriksaan Gigi Gratis akan diselenggarakan selama Juli di 13 Rumah Sakit Gigi Mulut, FKG di beberapa kota di Indonesia. Kegiatan tersebut sudah dimulai selama tiga hari sejak 21-23 Juli 2010.

Penyebab gangguan-gangguan tersebut pada dasarnya adalah masih kurangnya kebersihan mulut para pasien yang berpangkal pada kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Dia menambahkkan apabila sudah terdapat kesadaran, ternyata permasalahannya terletak pada penerapan metode penjagaan kesehatan gigi dan mulutnya yang kurang tepat.

Masyarakat Indonesia umumnya menganut simtomatik yaitu hanya mengunjungi dokter apabila sudah merasakan adanya gejala penyakit di tubuhnya. Hal ini terjadi karena kesehatan gigi bukan menjadi prioritas yang disebabkan masih rendahnya persepsi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Prof Dr Drg Melanie S Djamil, Mbiomed mengatakan, dari hasil pemeriksaan awal bahwa pada sebagian besar pasien kasus terbanyak adalah lubang gigi dan penyakit gusi.

Adapun fasilitas layanan yang akan diberikan kepada masyarakat selama pemeriksaan gigi gratis tersebut, adalah satu penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi (menggunakan bahan tambal amalgam, komposit, atau glass lonomer).

Layanan lain berupa satu pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, atau pembersihan karang gigi atau perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi Fluoride atau Fissure Sealant, kata Melanie.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, di mana salah satu caranya adalah dengan menggosok gigi secara teratur dan benar, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

 

 

Read 2503 times Last modified on Saturday, 25 July 2015 16:03

Kabar GGC

Dapatkan info terkini dalam kedokteran gigi, termasuk jadwal seminar

captcha 

Group Kedokteran Gigi

View all groups

Hubungi GigiGeligi

0878.7118.9191

Customer.Care@GigiGeligi.Com
Bumi Serpong Damai, Tangerang
 
   This seal is issued to gigigeligi.com by StopTheHacker Inc.
 
Our Partner
Dentsoftware, India | +91 77 367 67 367